soeharto.jpgkreta.jpgSatu waktu dalam perjalananku di atas kereta. Kerumunan orang-orang dengan peluhnya ternyata tidak membuat mereka kehilangan semangat dan kegembiraan dalam hari-hari mereka. Aku tersenyum dalam hati.."mungkin karena telah terbiasa. Sambil melihat pemandangan alam yang menampakkan kejujuran Jakarta aku mendengarkan perbincangan beberapa orang di sekitarku. Mereka membicarakan banyak hal dari utara ke selatan daribarat ke timur. Tapi di antara banyak topik mereka ada beberapa yang menarik perhatian saya, diantaranya :

  • betapa kondisi kereta api sangat tidak layak ditumpangi (memang benar, tapi ko mereka kelihatan begitu bahagia ya numpang kreta ini?!..:)) logika saya masih berjalan dan bisa memahami pilihan mereka….
  • betapa angkutan kereta api di Indonesia sama sekali tidak aman (menurut saya sedikit benar, tapi ko mereka msh menjubeli kereta api ya?..:)) logika saya masih berjalan tuk memahami pilihan mereka…
  • betapa mereka bangga bisa naik kereta api tanpa membeli karcis dan tanpa bayar (…..??) logika saya berhenti berjalan dan tiba-tiba ko perasaan saya jadi ga enak ya mendengarnya…:(

Bayangkan saja, kereta kelas ekonomi itu telah melintasi 2 propinsi, dari Merak(Banten) sampai Jakarta (DKI) dengan tarif hanya Rp. 2000,00, dan kaki mereka masih tetap berat melangkah ke loket. Tapi selintas saya berpikir saya jadi tersenyum sendiri, ternyata ada beberapa kesamaan antara mereka dengan mantan Presiden Soeharto yaitu; semakin lama mereka naik kereta mereka semakin merasa memiliki kereta dan memiliki kekuasaan atas kereta itu, seperti Pak Soeharto yang semakin lama menjabat Presiden semakin merasa memiliki kekuasaan atas negara ini ;mereka merasa bangga dengan perbuatan mereka yang jahat dan ngawur itu, seperti Pak Soeharto yang bangga dengan kekuasaannya tanpa memikirkan rakyat itu.

Sejenak saya tertegun, ko pikiran saya jadi ngelantur. Bisa-bisanya dari penumpang kereta ini nyambung ke mantan Presien Soeharto🙂. Tapi saya jadi sadar siapapun bisa menjadi Presiden negara ini, bahkan mereka juga berbakat jadi Presiden.